4 Kebiasaan Orang Berprestasi

Posted by blog Sabtu, 20 Februari 2016 0 komentar
Setiap orang pasti memiliki suatu kebiasaan yang diciptakan secara sengaja ataupun tidak. Kebiasaan yang diciptakan ini kadang membuat orang yang bersangkutan mendapat suatu pencapaian atau prestasi. Semua orang pasti ingin membuat pencapaian yang tinggi dalam hidupnya sehingga diperlukan kunci untk menjadi sukses dan berprestasi. Menurut situs Lifehack, ada beberapa kebiasaan-kebiasaan orang-orang berprestasi yang bisa digunakan untuk mereka menjadi sukses. Kebiasaan ini memang tidak menjamin bisa langsung membuat sukses tapi paling tidak kebiasaan-kebiasaan ini bisa kamu gunakan sebagai awal menuju kesuksesan. Apa saja kebiasaan orang berprestasi tersebut, langsung saja cekidot

Quote:1. Harus tahu jam produktif diri kamu sendiri
 

Ada pepatah mengatakan “setiap detik sangatlah berharga”. Weits, ternyata pepatah itu nggak 100% benar, lho. Waktu yang paling berharga bagi orang-orang berprestasi ternyata adalah waktu produktif mereka.Waktu produktif tuh apa, sih? Waktu produktif adalah jam-jam tertentu di mana organ tubuh bekerja dengan optimal, sehingga menghasilkan energi yang oke banget untuk bekerja dan belajar.Kenapa waktu produktif ini penting? Karena ketika kamu belajar atau bekerja di “jam produktif”, kamu akan lebih fokus, sehingga kamu bisa bekerja lebih cepat dan menyerap materi lebih banyak. Berdasarkan Circadian Rhythm atau jam biologis ternyata setiap orang memiliki waktu produktif yang berbeda-beda. Adapun Gambaran umumnya adalah seperti gambar di bawah ini:  Jangan lupa, setiap orang mempunyai jam biologis yang berbeda. Secara umum jam biologis manusia sesuai dengan gambar diatas tapi kadang ada tipe orang yang lebih produktif bekerja di malam hari sehingga jam biologis malah kadang berbanding terbalik dengan gambar.Penting banget, lho, bagi kamu untuk mengenali jam biologis diri sendiri, supaya kamu tahu, kapan tubuh kamu bisa bekerja dengan seproduktif mungkin. Kalau sudah tahu, gunakan waktu produktif tersebut untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan penting dan hindari digunakan jam tersebut untuk hal yang membuat jam produktif anda terbuang sia-sia.Menurut Daniel Threlfall, seorang senior SEO specialist, selain mengatur jam biologis, kamu juga harus bisa mengatur manajemen waktu kamu sendiri. Pokoknya, selain mengelola energi, kamu juga harus pintar mengelola waktu.

Quote:2. Harus kejam sama distraksi sekecil apapun
  Kamu tahu nggak, sih, kalau multitasking itu sebenarnya membunuh produktivitas? Menurut penelitian, mengerjakan banyak hal dalam satu waktu bukan berarti kamu jadi bisa menyelesaikan hal-hal tersebut dengan lebih baik. Jangankan lebih baik, lebih cepat aja belum tentu. Saat kamu sedang mengerjakan sesuatu, maka otak kamu akan fokus kepada satu hal yang kamu kerjakan tersebut. Nah, kalau kamu terdistraksi oleh macam-macam hal, maka otak kamu juga akan pindah-pindah fokus. Dan ketika otak pindah-pindah fokus, otak akan lebih cepat lelah, ceroboh, dan bekerja dengan lebih lambat.Tips simpel supaya kamu nggak mudah terdistraksi yaitu ketika kamu sedang mengerjakan sesuatu, coba jauhkan ponsel kamu. Minimal, matikan notifikasi chat dan media sosialnya. Pasti pekerjaan atau tugas-tugas kuliah kamu jadi cepet kelar! Lagian kamu nggak mau, dong, dibilang orang yang selalu online dan cepat merespon message dan sosmed macem nggak punya kerjaan lain. Sekali-sekali, bikin, dong, orang lain penasaran sama kamu. Kalau ada orang yang memang punya urusan penting sama kamu, mereka pasti bakal nelpon atau menghubungi kamu terus kok, Hehe

Quote:3. Harus punya daftar untuk hal apapun
  Orang-orang yang berprestasi, tuh, pasti selalu punya daftar. Daftar apa? Apa aja! Misalnya, daftar tujuan yang ingin mereka capai, daftar hal-hal yang harus mereka kerjakan hari ini, daftar groceriesyang harus mereka beli minggu ini, bahkan mungkin daftar orang yang mau mereka gebetMenurut para ahli produktifitas dengan membuat daftar, kamu jadi bisa tahu ada berapa banyak hal penting yang bisa kamu lakukan dalam sehari. Kamu jadi nggak bingung mau melakukan apa, akibat nggak tahu “jalur” yang harus dilalui hari ini. Intinya, manajemen waktu bisa lebih gampang kalau kamu punya to-do-list. Trus, dengan membuat daftar, kamu jadi tahu prioritas yang harus kamu kerjakan, dan ini kunci sukses banget, lho. Coba, deh, kamu lihat. Tugas kuliah atau skripsi orang-orang yang berprestasi, tuh, jarang banget ada yang terbengkalai. Malah seringkali, mereka tetap bisa aktif di berbagai organisasi kampus. Semua ini terjadi karena mereka punya daftar prioritas. Ayo cepat bikin daftar kalian.

Quote:4. Harus S.M.A.R.T. tentang tujuan kamu
  Untuk mencapai tujuan banyak ahli yang merekomendasikan metode "S.M.A.R.T." bukan metode pintar ya tapi singkatan. Berikut metodenya:S - Specific. Jangan cuma punya tujuan “harus dapat nilai bagus di mata kuliah X”, tetapi kamu juga harus spesifik menetapkan cara-cara yang akan kamu tempuh supaya dapat nilai bagus di mata kuliah X itu. Misalnya, main ke perpustakaan kampus lain untuk mendapat tambahan referensi, banyak berdiskusi dengan senior yang pernah mengambil mata kuliah X, ikut les, dan lain sebagainya. Jadi cara-cara spesifiknya juga harus kamu tetapkan.M - Measurable. Kalau kamu punya angka yang terukur, kamu akan lebih mudah untuk membuat keputusan. Misalnya, jangan cuma punya goal, "Saya harus menurunkan berat badan”. Tetapi kamu juga harus menetapkan angkanya. “Saya harus menurunkan berat badan sebanyak 5 kilo!”, gitu. Dari angka tersebut, kamu akan tahu cara-cara rasional untuk mencapai target kamu.A - Achievable. Setiap tujuan haruslah bisa dicapai. Jangan menetapkan tujuan yang ngaco bin ajaib. Misalnya, jangan punya tujuan bisa mengoperasi seseorang, padahal kamu adalah mahasiswa Sastra Jawa, bukan kuliah kedokteran. Yakali mau bedah pasien pake langgam Jawa, sob!R - Realistic. Semua tujuan harus realistis sesuai keadaan kamu, agar bisa dicapai. Bukannya kamu nggak boleh bermimpi tinggi, sob, tapi kalau kamu punya tujuan-tujuan yang realistis, perlahan-lahan kamu akan sampai pada mimpi besar kamu juga, kok!T - Timely. Setiap tujuan harus punya tanggal awal dan akhir. Kalau kamu nggak tahu kapan kamu harus mulai dan berhenti berusaha mencapai goal kamu, maka kamu nggak akan tahu, perjalanan kamu dalam mencapai tujuan sudah sampai di mana.

Itulah ke-4 kebiasaan orang-orang berprestasi yang bisa digunakan sebagai langkah awal agan-sista dalam menuju kesuksesan. Untuk langkah kecil pertama2 coba pahami pola pikirmu karena ada peribahasa mengatakan
"Perhatikan pikiranmu, karena pemikiran akan berkembang menjadi kata-kata. Perhatikan kata-katamu, karena kata-kata akan berkembang menjadi perilaku. Perhatikan perilakumu, karena perilaku akan berkembang menjadi kebiasaan. Perhatikan kebiasaanmu, karena kebiasaan akan berubah menjadi karakter. Perhatikan karaktermu, karena karakter dapat menentukan nasibmu. Anonim"
Sumber : Sumber
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 4 Kebiasaan Orang Berprestasi
Ditulis oleh blog
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://faktaunikmenarik.blogspot.com/2016/02/4-kebiasaan-orang-berprestasi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Fakta Unik dan Menarik.