Ciri-Ciri Handphone Di Sadap Dan Cara Mencegahnya

Posted by Nanang Niamillah Jumat, 22 November 2013 22 komentar
Handphone Di Sadap

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana sesungguhnya penyadapan itu dilakukan, dan bagaimana pula tanda-tanda ponsel disadap. Apalagi, penyadapan bukan hanya pada pejabat, tetapi bisa dilakukan terhadap siapa saja.

Ada 2 jenis penyadapan, pertama menggunakan alat sadap berdasar frekuensi telpon. alat ini berharga 1-4M diantaranya dimiliki lembaga antikorupsi di indonesia. nama alat tersebut ATIS Gueher Gmbh buatan Jerman. Lalu ada juga software penyadap handphone.

Secanggih apapun sebuah alat pasti memliki ciri kelemahannya, apa ciri ciri bila disadap oleh alat semacam ini ?

1. Ada suara berdengung panjang, suara lawan bicara seperti berada di lorong yang bergema.

2. Bila saya menelepon ke nomor-nomor tertentu akan putus setiap beberapa menit, padahal tidak sedang di luar kota.

3. Delay penyampaian SMS, bahkan cukup banyak SMS tak sampai. Kedua soal ini bisa dikilahkan karena buruknya layanan operator.

4.Sulit sekali menelepon ke nomor-nomor tertentu. Bahkan saat si empunya nomor ada di samping saya secara fisik sehingga bisa dilihat handphonenya baik-baik saja (on, sinyal penuh, dan tidak dipakai).

5.Ada suara aneh semacam “cklik” atau “nut” sesaat sebelum nada sambung (atau NSP) berbunyi.

6.Sering ada suara lain semacam induksi ala PSTN saat menelepon dari HP ke sesama nomor HP. Pertanyaannya, apakah induksi bisa terjadi pada telepon seluler yang nirkabel?

7. Yang paling aneh, saat saya menelepon dengan memencet angka satu per satu (bukan dial dari phone book memory) kepada nomor tertentu, malah sambung ke nomor yang lain. Saya memencet nomor Indosat, nyambungnya ke Telkom. Jauh banget.




Handphone Di Sadap

Ada juga penyadapan dengan software penyadap. apa ciri2nya?

1. Bila baterai ponsel Anda menjadi lebih cepat terkuras padahal jarang digunakan, Anda harus curiga. Sebab, sebuah software mata-mata (spyware) yang sudah tertanam di ponsel, biasanya akan mengirimkan informasi-informasi kepada si penyadap. Hal ini menyebabkan baterai ponsel akan lebih cepat terkuras.

2. Walaupun Anda tak menggunakan ponsel tersebut, bila disentuh, ponsel ini terasa hangat karena walaupun terlihat tak digunakan, ponsel ini sebenarnya bekerja, kemungkinan karena proses penyadapan itu sendiri.

3. Saat digunakan untuk menelepon orang lain, Anda mendengar berbagai macam bunyi-bunyian, misalnya bunyi klik, derau, atau bunyi lainnya. Bahkan, kemungkinan volume ponsel juga bisa bisa berubah-rubah sendiri

4. Bila terdengar bunyi yang tak wajar dari ponsel saat sedang tak digunakan, kemungkinan ponsel Anda sedang bekerja, berfungsi sebagai receiver atau transmitter yang sedang menerima percakapan telepon di area sekitarnya.

5. Saat ponsel digunakan berkomunikasi, biasanya ponsel tiba-tiba mati, sinyal tiba-tiba turun atau suaranya mendengung.

6. Lakukan tes. Beritahu kepada orang yang Anda percaya bisa memegang rahasia, tentang informasi tertentu. Bila kemudian orang lain mengetahui informasi Anda itu, tandanya, ponsel Anda sudah disadap orang.

 Cara mencegah dan menghindari aksi penyadapan


Dalam kehidupan kita sehari-hari di zaman canggih ini kita terbiasa menggunakan teknologi komunikasi suara jarak jauh dengan telepon kabel maupun telepon genggam tanpa kabel. Rasanya sangat berat sekali untuk tidak membawa handphone ke mana pun kita berada. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari memanfaatkan telepon dalam keseharian kita. Dengan kecanggihan telepon saat ini, kita tidak hanya bisa berbicara secara rahasia dengan seseorang saja, namun bisa ngobrol ramai-ramai lebih dari dua telepon dengan secara konferensi.

Percakapan kita dengan orang lain melalui handphone (ponsel) maupun telepon rumah tidak lagi bisa dilakukan secara rahasia, karena dengan kecanggihan teknologi saat ini banyak orang yang mampu untuk mendengarkan percakapan telepon orang tanpa izin dan bahkan merekamnya. Baik pihak berwenang maupun orang yang berniat jahat bisa saja merekam semua pembicaraan telepon kita sehingga bisa tahu berbagai keburukan kita. Akan sangat tidak menyenangkan sekali ketika pembicaraan rahasia kita yang tidak boleh diketahui orang lain menyebar luas di masyarakat.

Berikut ini adalah beberapa metode cara yang bisa dilakukan agar telepon kita tidak disadap dan tidak menjadi senjata makan tuan bagi diri kita sendiri :

1. Tidak Memakai Handphone dan Telepon Kabel
Kembalilah ke masa lalu dengan saling kunjung-mengunjungi tatap muka langsung untuk melakukan komunikasi antar personal. Atau bisa juga menggunakan berbagai teknik komunikasi tradisional lainnya seperti menggunakan surat yang dikirim oleh kurir yang terpercaya, surat merpati pos, asap, bendera semaphore, kode sandi, dan lain sebagainya. Orang yang ingin menyadap kita akan menemukan kesulitan untuk menyadap kita, dan akan beralih ke meletakkan alat pendengar atau perekam di sekitar kita.

2. Menggunakan Hape dan Alat Komunikasi Lainnya Sebagai Orang Baik
Jadilah orang yang baik dengan tidak membicarakan rencana jahat kita, kelakuan jahat kita, kejelekan orang lain, dan informasi sensitif serta rahasia lainnya. Dengan selalu menjaga lisan kita dari berbagai hal-hal buruk dapat menyelamatkan diri kita dari bahaya dunia maupun bahaya di alam akherat kelak. Setiap ucapan kita nantinya akan kita pertanggungjawabkan di hadapan Tuhan.

3. Menggunakan Bahasa Ciptaan Sendiri
Agar orang lain yang melakukan penyadapan tidak mengerti isi dari hal-hal yang dibicarakan, maka gunakanlah bahasa ciptaan anda sendiri yang sulit untuk diterjemahkan oleh orang yang tidak mengetahuinya. Bahasa yang unik yang hanya diketahui kelompok kita saja akan sangat mempersulit para pelaku penyadapan telepon untuk mencari apa yang mereka cari.

4. Sama-Sama Memakai Handphone dan Nomor Perdana Baru
Untuk mempersulit gerak pelaku penyadapan dalam melacak kita, kita bisa menggunakan handphone baru dengan nomor telepon prabayar baru yang didaftarkan dengan identitas orang lain. Tidak hanya di sisi kita saja, namun juga di sisi lawan bicara kita juga harus sama-sama menggunakan telepon seluler dan nomor perdana simcard baru. Jika hanya dari sisi kita saja dikhawatirkan mudah dilacak karena nomor lawan bicara kita juga dijadikan korban penyadapan telepon.

Alat yang digunakan untuk penyadapan

Handphone Di Sadap


ATIS (Audio Telecommunication International Systems) adalah sebuah generasi baru dari Instant Recall Recorders (IRC) dalam teknologi solid-state, yang dapat dikoneksikan ke dalam audio source berupa telepon atau handphone GSM/AMPS/CDMA dan akan merekam atau menyadap seluruh komunikasi suara dengan kapasitas aktif lebih dari 680 menit dan 1000 panggilan yang berbeda. Kompresi algoritma yang ada di dalam ATIS telah memperbesar kapasitas penyimpanan dan kualitas suara yang cukup jernih.Dengan menggunakan koneksi telepon.

KPK dalam melakukan aksi sadap terbilang canggih. Lembaga itu lewat daftar isian proyek tahun 2005 membeli alat sadap jenis portabel A (laptop dan receiver) seharga Rp 1,512 miliar, jenis B Rp 5,25 miliar, dan jenis C Rp 4 miliar. Kemudian satu unit LID monitoring centre (LID MC) seharga Rp 17,31 miliar. Alat penyadap tersebut dinamakan audio telecommunication international systems (ATIS) Gueher, buatan Jerman, ditambah beberapa kelengkapannya. KPK juga memiliki peralatan firing buatan AS dan macro system buatan Polandia.

ATIS dapat mengidentifikasi penelepon, waktu telepon dan nomor penelepon via RS 232 link built-in. Teknologi penyadapan sebelumnya hanya terbatas digunakan untuk menyadap frekuensi GSM saja atau CDMA saja. Beberapa contoh model alat sadap adalah Cellular Monitoring CDMA Intercept model G-Com 2066 untuk penyadapan frekuensi CDMA dan Cellular Monitoring GSM Intercept model GSM 3060TP untuk penyadapan frekuensi GSM. Cellular Monitoring CDMA Intercept model G-Com 2066 merupakan alat yang digunakan untuk menangkap, menyimpan, dan dan juga buisa memutar kembali percakapan telephone dari jaringan telephone selular CDMA. Alat ini digunakan oleh penegak hokum dan juga lembaga pemerintahan untuk memantau dan menyimpan percakapan telepon seluler CDMA dari tersangka kriminal, militan, teroris, dan mereka yang melakukan spionase. G-Com Intercept 2066 CDMA juga berfungsi sebagai SMS Intercept, mampu menangkap SMS (layanan pesan singkat).

Namun dalam hal kegunaan , sebenarnya alat penyadap dengan harga murah atau mahal sebenarnya sama, yaitu untuk menyadap, cuma yang membedakannya adalah tingkat teknologi dan output yang dihasilkan, misalnya dengan alat yang murah kita hanya dapat menyadap satu target dalam satu titik, namun dengan alat yang super canggih kita mungkin dapat menggunakan alat penyadap hingga detail sehingga hasil output yang dihasilkan mampu dan dapat gunakan untuk ranah pidana , output yang dihasilkan benar-benar mampu sebagai bukti yang dapat dipertanggung jawabkan.
Namun bila hanya untuk keperluan sadap menyadap pacar ,teman , kanan kiri kita yang bermasalah kita cukup menggunakan alat penyadap yang banyak dijual dipasaran dengan harga yang cukup terjangkau.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ciri-Ciri Handphone Di Sadap Dan Cara Mencegahnya
Ditulis oleh Nanang Niamillah
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://faktaunikmenarik.blogspot.com/2013/11/ciri-ciri-handphone-di-sadap-dan-cara.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

22 komentar:

Unknown mengatakan...

nice gan

Unknown mengatakan...

klo untuk mlepaskan sadap dari hp bgmna gan? misalkan hp memiliki ciri" di sadap brusan?

Md Mega Asmaradani mengatakan...

Kalo pake mode pesawat apakah masih bisa dilacak?

Unknown mengatakan...

Hp saya sangat persis dengan ciri2 tersebut,
Cara melepas sadapan tersebut gimana gan???

Liabasyari mengatakan...

Format hp anda atau restar ulang.. Maka aplikasi yang tertanam akan lepas dan ter hapus

Unknown mengatakan...

Bagaimana cara melepaskan aplikasi sadap dari hp? Karena saya merasa percakapan saya di WA BBM dan akun lain bisa diketahui org lain

Unknown mengatakan...

Bagaimana cara melepaskan aplikasi sadap dari hp? Karena saya merasa percakapan saya di WA BBM dan akun lain bisa diketahui org lain

Unknown mengatakan...

Kalo terkena layanan yang gampang menguras pulsa. Gimana cara mencegahnya

Anonim mengatakan...

teken *#61# CALL
kalok keluar nomer, berarti HP ente disadap!

Unknown mengatakan...

Wah sama persis, saya ga bisa kirim + terima sms ataupun telepon. Terus tiba tiba batere berkurang satu persatu persen dalam hitungan per dua detik padahal saya lagi ga akses apa apa. Sampe saya komplain ke CS provider Smartfren bilang kenapa hp saya ga bisa kirim atau terima sms dan panggilan, terus pas nomer saya di cek ga ada kendala apa apa sama nomer saya, malah saya disuruh cek semua sinyal dihp saya apakah sudah global (paket data menyala tidak dalam mode pesawat kata dia). Terus sekarang malah hp saya baterainya berkurang drastis, dan saat saya komentari artikel ini pun saya harus mengaktifkan mode pesawat supaya baterai dalam keadaan berkurang normal. Dan kemarin sebelum saya komen disini, hp saya suka getar sendiri seperti ada notifikasi masuk tapi pas saya cek tidak ada apa apa.
Cara yg ampuh buat mengilangkan software penyadap yg telah tertanam selain mereset hp ke setelan pabrik apa yah? Apa ada cara lain selain itu? Karena ini sangat merugikan sekali, jika dalam keadaan darurat baterai habis tiba tiba dan tidak membawa powerbank bisa repot juga. Ini aja saya charge baterainya tidak bertambah sama sekali, kalau saya copot chargeran baterai malah berkurang. Sudah copot baterai lalu pasang kembali, baterai berkurang normal seperti biasa. Setelah beberapa jam tiba tiba baterai berkurang drastis lagi, ini saya alami pada pukul diatas jam 2 dini hari kalo siang hp normal seperti biasa.

Unknown mengatakan...

Sama persis sama yg saya alami, saat saya berkometar disini hal itu lagi terjadi. Hp suka getar seperti ada notifikasi masuk padahal tidak ada pesan atau notifikasi apa apa masuk ke hp saya, baterai berkurang 1% per 2 detik padahal saya sedang tidak akses apa apa (saya sedang akses instagram tiba tiba baterai berkurang, saya berhenti mengakses apapun baterai tetap berkurang), hp tidak bisa menerima panggilan ataupun sms padahal sinyal bagus sampai saya komen ke CS provider tapi ternyata tidak ada kendala apa apa dgn nomer serta sinyal saya. Saat baterai sedang berkurang drastis saya aktifkan mode pesawat lalu baterai berhenti berkurang, lalu saya coba aktifkan kembali dgn paket data dlm keadaan menyala kemudian baterai berkurang drastis kembali, begitu juga saat saya coba matikan lalu hidupkan kembali hp saya. Hal ini terjadi pada pukul diatas jam 2 pagi, dan hal ini sangat mengganggu dan menghawatirkan saya karena si penyadap dapat mengakses data data pribadi saya yg pastinya nanti akan disalah gunakan dan merugikan saya.

Unknown mengatakan...

Kayak orang penting aja disadap sadapin hp kita gan....

vinsha amalia mengatakan...

Giamna cara nglepasnya? Sya soalnya ada masalah gan. Tolong bantuu...

Beni Rahmatullah Sandjadirdja mengatakan...

Sadap itu program pemerintah jadi kalo ngomonhin ke jahatan pasi ke tahuan

Afrizal ePadi mengatakan...

Mari kita kembali ke jaman dahulu, gunakan telp kabel dan surat via kantor pos.

Boyzzzrif mengatakan...

Lakukan saja reset ulang ke pngaturan pabrik bos
Bakal ikut kbuang software yg tertanam itu bos
Smoga bermanfaat

Unknown mengatakan...

Ada satu lagi mind yg belum tertulis,biasa nya kalo hp disadap itu bisa dirasakan dari keyboard yg tiba" berenti bergetar secara tiba" dan GPS yg on tanpa perintah sang penguna asli nya

Unknown mengatakan...

saya nyoba di 2 nomor saya hasil nya berbeda...

yang 1 muncul notif,
Penerusan Panggilan
FAKS: +609 setelah 25 detik

kalau yang 1 lagi, notifnya
Penerusan Panggilan
Voice: +62816*** setelah 30 detik

artinya apa ya..?
bisa bantu
tq

Unknown mengatakan...

Ini mah imei hp, lu mah ngibulin orang..

Unknown mengatakan...

Itu mah nomor imei hp, lu mah ngibulin orang..

Unknown mengatakan...

Ada tulisan +62816121 ?

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

keren yaa
power supply hp

Posting Komentar

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Fakta Unik dan Menarik.